Tipe-Tipe Guiding Block Stainless Steel Dan Fungsinya

Tekstur ubin garis-garis menunjukkan arah berjalan.Tekstur ubin bulat atau dot menunjukkan ubin peringatan terhadap adanya perubahan situasi disekitarnya


Hallo sobat logam semua, jumpa lagi bersama mimin ya sob. Semoga kita selalu diberi kesehatan dan kesejahteraan oleh Allah SWT ya sob. Nah untuk kali ini mimin akan membahas Tipe –tipe guiding Block stainless steel dan fungsinya. Wah kira –kira apa saja ya jenisnya? Nih mimin kasih tau langsung apa saja itu.

Guiding block diruang publik dapat kita pahami sebagai penuntun arah bagi penyandang tunanetra. Seperti kita ketahui fasilitas yan berda diruang publik belum sepenuhnya memadai, seta  kurangnya aksesibilitas untuk penyandang tunanetra, guiding block sangat penting untuk penyandang tunanetra dikarenakkan menjadi penuntun jalan. Seolah-olah guiding block menjadi mata bagi penyandang tunanetra dan memudahkannya untuk melakukan aktivitas berjalan. Guiding block biasanya dipasang di trotoar yang lurus dengan kontur ubin garis empat untuk jalan dan kontur dengan bulatan-bulatan kecil pada ubin sebagai penanda stop/warning karena adanya jalur masuknya mobil ke gedung seperti pusat perbelanjaan atau kantor.

Berdasarkan Permen PU Nomor 30 Tahun 2006 adalah

  1. Tekstur ubin pengarah bermotif garis-garis menunjukkan arah berjalan.
  2. Tekstur ubin bulat atau sering disebut dot menunjukkan ubin peringatan terhadap adanya perubahan situasi disekitarnya

Fungsi Guiding Block ubin untuk Disabilitas

Sekilas dari namanya sudah dapat diketahui bahwa fungsi utama guiding block disabilitas yaitu mensejahterakan kaum tunanetra. Selain itu masih banyak fungsi lain yang tak kalah penting apa saja itu? Yuk langsung ikuti mimin.

  1. Untuk jalur disabilitas fungsi utama guding block yaitu sebagai jalur khusus bagi penyandang tunanetra. Dengan mengikuti jalur ini, penyandang disabilitas bisa asmpai ketujuan. Tanpa harus khawatir tertabrak kendaraan ataupun pejalan kaki lainnya.
  2. Mempercantik tatanan kota selain fungsi sosial, ternyata guding block juga mengandung nilai estetika. Umumnya ubin disabilitas memiliki warna dasar.
  3. Sarana pijat syaraf siapa bilang hanya kaum tunanetra yang bisa memanfaatkan jalur guding block ini? Masyarakat awam bisa memfungsikan motif timbul pada ubin guiding block sebagai syaraf pijat.
  4. Memberikan Kenyamanan Untuk Penyandang Tunanetra di saat berjalan, meski mempunyai keterbatasan fisik, seorang penyandang disabiltas tetap mempunyai kewajiban yang sama dalam memakai fasilitas yang ada di masyarakat. Dengan terdapatnya alat bantu itu diharapkan bisa bermanfaat dalam meminimalisir terjadinya resiko bahaya yang bisa terjadi penyandang Tunanetra diwaktu berjalan.

Dari beberapa fungsi guiding block yang pertama adalah untuk memandu para difabel tunanetra agar dapat berjalan dengan nyaman. Dengan adanya ubin pemandu disabilitas atau guiding block di trotoar atau jalan raya, diharapkan dapat menghindari resiko yang berbahaya pada tunanetra saat berada di jalan raya. Selain itu, penggunaan guiding block juga bertujuan untuk mempercantik tampilan tata kota. Dengan kata lain, memberikan nilai estetika yang lebih pada tampilan trotoar kota.

Jadi, buat kalian yang ingin menambahkan fasilitas untuk tatanan kota atau ruang publik lainnya kalian bisa memesan di www.testindobeton.com yang sudah berkualitas oke dan terjamin keakuratannya. Untuk info lebih lanjut kalian bisa langsung hubungi nomor di bawah ini :

CONTACT

Batur Baru, Tegalrejo, Ceper, Klaten 57465

T : (0272) 551 480 P  : 0813 9300 6025

Email : marketing@testindobeton.com

Comments are disabled.