Jenis-Jenis Beton dan Fungsinya

Beton mortar, beton ini terbuat dari ampuran pasir, batu, kapur, dan semen (cement). Untuk membuat beton mortar yang berkualiatas.


Beton menjadi part yang paling krusial dalam sebuah kontruksi bangunan, karena meterialnya sebagai pengokoh, penahan dan pemberi bentuk dari bangunan itu sendiri. Yang terbentuk oleh pengerasan campuran antara semen, air, agregat halus (pasir), dan agregat kasar (split atau kerikil). Beton merupakan salah satu bahan bangunan yang banyak digunakan baik dalam pembuatan kontruksi bangunan gedung maupun kontruksi bangunan lainnya. Salah satu syarat mutu utama dari beton adalah kuat tekan, dimana kuat tekan tersebut diperoleh dari hasil pengujian sampel benda uji yang dirawat selama umur 38 hari pada saat penngecoran beton.

Jenis-Jenis Beton dan Fungsinya

Kira-kira apa saja ya jenis-jenis beton sesuai fungsinya?, yuk sob langsung saja simak artikel dari mimin :

  1. Beton non-pasir, beton non-pasir atau sering disebut dengan beton pervious dibentuk dari campuran kerikil, semen, dan air,  Beton digunakan pada struktur ringan, pagar beton, rabat beton kolom, atau buis beton.
  2. Beton mortar, beton ini terbuat dari ampuran pasir, batu, kapur, dan semen (cement). Untuk membuat beton mortar yang berkualiatas.
  3. Beton ringan, beton ini terbuat dari materi berbobot ringan dengan tambahan zat aditif yang membentuk banyak gelembung udara di dalamnya pori –pori. Beton ini banyak digunakan untuk dinding non struktur serta kontruksi berbentuk blok berupa bata atau material pengisi.
  4. Beton serat, beton ini terbuat dari campuran kawat, plastik, baja, tumbuhan, serta asbestos.  Penambahan bahan serat berguna untuk menambah kekuatan daya tarik dari beton itu sendiri.
  5. Beton hampa, beton ini terbuat menggunakan alat vakum khusus penyedot air pengencer adonan. Hasilnya kekuatan daya dan daya tahan jenis ini menjadi lebih bagus dibanding yang lain. Contohnya yaitu gedung-gedung tinggi pencakar langit yang ad di kota-kota besar.
  6. Beton bertulang, beton ini kerap ditemukan di lokasi-lokasi pembangunan jalan. Beton ini tidak hanya dalam proses pembuatan jalan cor, melainkan bisa digunakan untuk pondasi , balok ikat, kolom, maupun dinding geser.
  7. Beton prategang, struktur beton ini hampir sama dengan beton tulang. yang bertujuan memperkuat struktur beton agar tidak mudah retak. Beton jenis ini biasanya dipakai ssebagai penyanga struktur bangunan yang memiliki bentangan lebar.
  8. Beton pracetak, merupakan salah satu jenis beton yang ditemukan di pabrik bahan bngunan dan bisa dibeli di pasaran. Artinya, beton ini di buat diluar proyek. Contoh beton ini tersedia dipasaran antara lain U-ditch, fasad, dan panel pagar.
  9. Beton siklop, beton ini cenderung digunakan dalam proyek bangunan yang terendam air

Jika ada yang belum mimin sebutkan sobgam bisa nih komen di kolom komentar untuk menambahkan jenis betonnya. Oleh karena itu, Testindobeton yang tidak lain dari Putra Sari Logam hadir untuk menawarkan produk cetakan beton  dengan bahan material cor besi agar dapat digunakan untuk keperluan proyek kalian. Untuk informasi pemesanan dan penawaran silahkan hubungi contact person berikut :

CONTACT

Telp : (0272) 551 480 Phone : 0813 9300 6025

Email : marketing@testindobeton.com

Comments are disabled.