Cetakan beton silinder

Cetakan beton silinder digunakan untuk menguji ketahanan komposisi beton.


Cetakan beton silinder merupakan perangkat yang digunakan untuk alat uji ketahanan, komposisi dan kekuatan beton dalam bentuk silinder. Dirancang dari dua bagian utama, yaitu tabung silinder dan penutupnya. Cetakan beton silinder ini terbuat dari bahan material besi coran dengan diameter 15 cm dan tinggi 30 cm.

Diameter ini dipilih agar dapat menampung beton yang cukup untuk di lakukan pengujian dan dapat mempertahankan rasio aspek yang baik. Cetakan beton silinder terbagi dari dua bagian yaitu tabung dan penutup. Tabung berfungsi sebagai wadah untuk menampung beton, sedangkan penutup berfungsi untuk menutup ujung tabung dan membantu dalam proses pemisahan beton dari cetakan.

Penutup cetakan silinder di letakkan di atas tabung silinder dan di pasangkan dengan kunci pengunci. Penutup cetakan beton dilengkapi dengan gagang untuk memudahkan penempatan dan pengangkatan cetakan. Sebelum melakukan pengujian perlu menyiapkan bahan- bahan terlebih dahulu seperti cetakan beton silinder, timbangan, alat pengisi cetakan, alat pengaduk beton, serta beton yang akan di uji.

Proses pengujian Cetakan Beton Silinder

Sebelum di gunakan, cetakan beton silinder ini harus di bersihkan terlebih dahulu agar pada saat pengujian tidak terjadi kontaminasi. Pada bagian dalam tabung dan penutup cetakan di beri bahan pelumas untuk memudahkan dalam pelepasan beton setelah proses pengujian. Proses pengujian di mulai dengan memasukkan campuran beton ke dalam cetakan, kemudian di padatkan dengan mesin pemadat beton sehingga menghasilkan padatan yang maksimal. Setelah beton mengeras cetakan dapat di buka dan silinder beton yang di hasilkan dapat di uji.

Pengujian beton ini menggunakan mesin uji tekan hidronik. Beban di terapkan pada silinder secara bertahap hingga mencapai beban maksimum yang di inginkan. Dari hasil pengujian kemudian di catat dan dihitung untuk menentukan kuat tekan beton. Dengan menggunakan cetakan uji beton silinder, dapat di ketahui karakteristik fisik beton seperti kekuatan tekan dan modulus elastisitas.

Jadi, buat sobat logam yang ingin memesan cetakan beton untuk alat pengujian sipil sobat logam bisa memesan di Testindobeton.com yang sudah berkualitas oke dan terjamin keakuratannya. Untuk informasi pemesanan dan penawaran silhakan hubungi contact person dibawah ini :

CONTACT

Batur Baru, Tegalrejo, Ceper, Klaten 57465

Telp : (0272) 551 480 Phone : 0813 9300 6025

Email : marketing@testindobeton.com

 

 

Comments are disabled.