loyang martabak

Hallo sobat logam, gimana kabarnya nih? Semoga sobat logam selalu dalam lindungan Allah SWT yaa. Aamiin. Tetap semangat yaa guys.. Jangan lupa untuk selalu terapkan protokol kesehatan yaa sobat logam! Kali ini mimin mau buat artikel yang membahas tentang loyang martabak nih guys.. Kira-kira seperti apa ya loyang martabak itu? Yukk simak artikel dari mimin!

Sobat logam pasti tidak asing lagi yaa dengan makanan yang satu ini, yupp matabak! Tahukah sobat logam? Martabak merupakan sajian makanan yang biasa ditemukan di Arab Saudi, Yaman, Malaysia, Singapura, hingga Indonesia. Di Indonesia ada dua jenis martabak, yaitu martabak telur dan martabak manis. Nah, mimin mau kenalin dulu nih dari mana sih kedua martabak ini berasal?

Martabak telur berawal dari seorang pemuda Tegal Jawa Tengah yang bertemu orang India di Semarang, lalu mengajak orang India ini ke kampung halamannya yaitu di Tegal, lalu menikahkannya dengan saudara perempuannya. Karena pemuda dari India ini pandai membuat makanan dari tepung, lalu dia membuat martabak ini dengan isian sayuran dan lainnya, disesuaikan lidah orang Jawa. Lalu akhirnya terciptalah martabak telur yang terbuat dari campuran telur dan daging. Jadi martabak telur ini berasal dari Tegal, dan kini sudah tersebar hampir di seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Sedangkan martabak manis merupakan makanan khas Bangka Belitung. Martabak manis ini di ciptakan oleh orang-orang Hakka (Khek) Bangka. Martabak manis biasa disebut juga dengan nama kue terang bulan. Berbeda dengan martabak telur, martabak manis adalah sejenis kue atau roti isi selai, cokelat atau keju.

Selain itu, proses pembuatannya pun sangat berbeda antara martabak telur dengan martabak manis. Martabak telur dibuat dari adonan tepung yang dibuat bulat-bulat lalu di goreng dengan wajan yang datar lalu diberi isian telur, sayuran dan daging. Sedangkan martabak manis dibuat dari adonan tepung yang kental lalu di cetak dengan loyang yang berbentuk bulat. Setelah matang baru diangkat dari loyang dan diberi isian sesuai selera.

Semakin berkembangnya dunia kuliner, kini martabak manis memiliki varian yang semakin banyak. Mulai dari martabak manis red velvet, blackforest, pandan, choco banana dan lain sebagainya. Loyang martabak pun kini memiliki bentuk yang bervariasi, mulai dari bulat, love, oval, dll. Selain itu ukuran dari martabak manis kini juga bervariasi, mulai dari ukuran mini, diameter 18cm, 20cm, 22cm, 24cm, 26cm, 28cm, hingga 30cm.

Buat sobat logam yang membutuhkan loyang martabak untuk bisnis kuliner, bisa banget loh memesan melalui Putra Sari Logam. Produk dari Putra Sari Logam terbuat dari coran baja berkualitas tinggi, terstandari SNI dan dirancang khusus bertekstur guratan anti lengket dan matang sempurna. Serta adanya proses Quality Control pada setiap produk yang akan di kirimkan kepada pemesan sehingga terjamin kualitasnya. Jadi tidak perlu diragukan lagi ya guys.. Untuk informasi lebih lanjut sobat logam dapat menghubungi nomor di bawah ini :

CONTACT

Batur Baru, Tegalrejo, Ceper, Klaten 57465

T : (0272) 551 480 P : 0813 9300 6025

E : marketing@testindobeton.com